Cara menguji kadar emas dengan bahan kimia

Cara menguji kadar emas dengan bahan kimia dilakukan dengan larutan asam: H2SO4  yang biasanya berwarna kuning yang dicampur dengan larutan NaOH biasanya berwarna merah dengan perbandingan 2:3. Ditambah satu lagi alat bantu berupa bongkahan batu hitam
Cara mengujinya adalah sebagai berikut :
1.  Batangan emas digoreskan beberapa kali ke batu hitam,
2. Hasil dari goresan emas yang menempel pada batu tersebut ditetesi larutan H2SO4, sehingga akan terjadi terjadi reakasi kimia, tunggu beberapa saat (kira-kira setengah menit) kemudian keringkan dengan kapas. Maka, akan ada tiga kemungkinan yang terjadi pada warna goresan:

-          Pertama, kalau warnanya hilang sama sekali maka barang tersebut bukanlah emas,
-          Kedua, warna goresan akan sedikit pudar maka barang tersebut dapat dikatakan emas. Namun, kadarnya masih dibawah 16 karat,
-          Ketiga, warna tetap sama maka barang tersebut dapat dinyatakan emas dengan kadar diatas 16 karat.
Setelah diketahui barang tersebut merupakan emas dengan kadar diatas 16 karat, lalu berapa karatkah emas tersebut? Untuk itu dilakukanlah tahap selanjutnya.
3.  pada goresan emas sisi lainnya ditetesi larutan kedua (warna merah) terjadi reakasi kimia, tunggu beberapa saat (kira-kira setengah menit) kemudian keringkan dengan kapas, ada tiga kemungkinan yang terjadi warna goresan:
-          Pertama, pudar sekali maka kadar emas dibawah 23 karat, diatas 16 karat,
-          Kedua, sedikit pudar maka kadar emas berkisar 23 karat atau 22 karat,
-          Ketiga, warna tetap sama maka emas tersebut berkadar 24 karat (emas murni)

0 Response to "Cara menguji kadar emas dengan bahan kimia"

Post a Comment