Mugello, Duel Seru Tiga Seteru : Yamaha, Honda dan Ducati



Perhelatan Moto GP di sirkuit Mugello, Italia akhir pekan lalu merupakan race yang cukup seru. Tak hanya didominasi dua atau tiga pembalap saja, akan tetapi enam pembalap sekaligus dari tiga pabrikan utama bertarung sengit guna mendapatkan tempat yang terdepan. Sebut saja, Jorge Lorenzo, Andrea Ianone, Mark Marquez, Andrea Dovisioso, Valentino Rosi dan Dani Pedrosa.

Memulai start dari posisi kedua, Jorge Lorenzo langsung melesat di posisi terdepan, sempat berduel dengan Ianone dan Marquez, Lorenzo akhirnya dapat melepaskan diri dan terus melesat ke posisi pertama tanpa bisa dikejar lagi oleh lawan-lawannya. Pertarungan sengit justru terjadi di posisi dua, tiga, empat, lima dan enam yang diisi oleh Ianone, Marquez, Dovisioso, Pedrosa dan Valentino Rosi.

Dalam pertarungan tersebut, Baby Elienz, julukan Marquez tampil cukup mengesankan. Memulai start dari posisi 13, Marquez langsung menyodok ke barisan depan melalui sisi luar dan menyalip satu persatu pembalap di depannya. Di barisan terdepan tersebut, Marquez berduel dengan Ianone, pembalap Ducati yang sempat berada di pole position sebelum akhirnya di asapi oleh Lorenzo yang mengambil alih posisi pertama.

Dalam duel tersebut, baik Ianone maupun Marquez saling melakukan over taking satu sama lain. Akan tetapi, saat berada di track lurus, motor Ducati lebih unggul dengan geberan motor yang lebih cepat dari pada Honda. Di belakang dua pembalap tersebut Andrea Dovisioso dan Pedrosa terus menguntit di belakangnya dengan jarak waktu yang hanya beberapa detik saja.

Sementara itu, juara dunia 6 kali Valentino Rosi berada di posisi ke  enam setelah melewati  Cal Crutchlow dan akhirnya dapat menempel empat pembalap di depannya, Dovisioso, Pedrosa, Marquez dan Ianone. Lama menempati posisi enam, The Doctor julukan Valentino Rosi akhirnya dapat merangsek ke urutan lima setelah pembalap di depannya, Andrea Dovisioso mengalami masalah teknis dengan tunggangannya dan memaksanya keluar lintasan. Kesempatan tersebut akhirnya dimanfaatkan Rosi untuk menempel Pedrosa yang akhirnya tak berdaya menghadapi tekanan Rosi sehingga harus merelakan posisinya digantikan oleh The Doctor.

Selanjutnya, saat rece menyisakan enam putaran lagi nasib sial justru menimpa Marquez, juara dunia dua kali tersebut terjatuh dan tak dapat lagi melanjutkan balapan akibat terlalu rebah saat memasuki tikungan tajam. Dengan jatuhnya Marquez tersebut, the Doctor pun akhirnya dapat menempati posisi ke tiga di belakang Lorenzo dan Ianone sampai akhir balapan. Sementara itu, Pedrosa masih sanggup mengamankan posisi keempatnya hingga akhir race.

Dengan hasil tersebut, saat ini The Doctor masih memuncaki klasmen sementara dengan 118 poin unggul enam angka dari Lorenzo yang berhasil memenangi tiga balapan terakhir. Sementara itu posisi ke tiga masih ditempati Dovisioso, meskipun gagal finis di Mugello. 


Klasemen sementara MotoGP 2015 usai Seri Italia:
1.       Valentino ROSSI - Yamaha - 118 poin
2.       Jorge LORENZO - Yamaha - 112 poin
3.       Andrea DOVIZIOSO - Ducati - 83 poin
4.       Andrea IANNONE - Ducati - 81 poin
5.       Marc MARQUEZ - Honda - 69 poin
6.       Bradley SMITH - Yamaha - 57 poin
7.       Cal CRUTCHLOW - Honda - 47 poin
8.       Pol ESPARGARO - Yamaha - 45 poin
9.       Maverick VIÑALES - Suzuki - 36 poin
10.   Danilo PETRUCCI - Ducati - 32 poin
11.    Aleix ESPARGARO - Suzuki - 31 poin
12.    Yonny HERNANDEZ - Ducati - 26 poin
13.   Dani PEDROSA - Honda - 23 poin
14.   Scott REDDING - Honda - 18 poin
15.   Hector BARBERA - Ducati - 16 poin
16.   Loris BAZ - Yamaha Forward - 10 poin
17.   Michele PIRRO - Ducati - 8 poin
18.   Nicky HAYDEN - Honda - 8 poin
19.    Jack MILLER - Honda - 6 poin
20.    Hiroshi AOYAMA - Honda - 5 poin
21.    Alvaro BAUTISTA - Aprilia - 5 poin
22.    Eugene LAVERTY - Honda - 3 poin
23.    Stefan BRADL - Yamaha Forward - 1 poin

0 Response to "Mugello, Duel Seru Tiga Seteru : Yamaha, Honda dan Ducati"

Post a Comment