Pengertian Harpitnas

Sering kali kita mendengar istilah Harpitnas singkatan dari Hari Kejepit Nasional. Tapi, apakah Anda tahu bagaimana asal muasal istilah tersebut? Berikut penjelasn Harpitnas untuk Anda simak. 

Harpitnas adalah isitilah yang bernuansa humor dan merupakan singkatan dari Hari Kejepit Nasional. Maklum waktu itu banyak karyawan atau pegawai yang memanfaatkan hari kejepit tersebut untuk tidak masuk kantor.

Hari-hari yang dijepitkan biasanya Sabtu dan Senin artinya jika hari Jum’at ada tanggal merah maka hari Sabtu mereka juga tidak masuk kerja. Dan jika hari Selasa ada libur resmi maka hari Senin dijepitkan oleh para oknum PNS sebagai alasan untuk tidak masuk kerja.

Kejadian ini tentu kurang menguntungkan dari segi disiplin dan produktifitas kerja. Akhirnya dibuatlah kebijaksanaan yaitu menggeser hari libur tersebut kehari kejepit. Jika hari libur resmi jatuh pada hari Selasa maka digeser menjadi hari Senin. Dengan demikian maka karyawan atau pegawai bisa libur dari hari Minggu sampai Senin secara sah. Demikian pula jika liburnya jatuh pada hari Jum’at maka liburan tersebut digeser menjadi hari Sabtu. Penggeseran ini tentu tidak dilakukan pada tanggal 17 Agustus.

Bagaimana, sudah mengerti kan?



0 Response to "Pengertian Harpitnas"

Post a Comment