Cara Mudah Membedakan Beras Palsu dan Asli

Beberapa hari ini Indonesia sedang dikejutkan dengan adanya beras palsu yang beredar di masyarakat.
Seperti diketahui sebelumnya, beras palsu tersebut pertama kali ditemukan oleh Dewi Septiani, seorang penjual bubur ayam di Bekasi yang merasa curiga dengan beras yang dibelinya dari di Pasar Mutiara Gading Timur.

Namun, Anda jangan resah. Ada cara mudah untuk membedakan apakah beras tersebut asli atau palsu. Menurut Asmuwahyu, Pakar Kimia Universitas Indonesia (UI) beras palsu dapat dibedakan dengan menggunakan setrika panas.
"Jadi kalau beras secara kimia ini karbohidrat, kalau plastik ini sintetik. Pada umumnya plastik dipanaskan akan lengket. Kalau beras asli nggak (lengket)," ujarnya dalam konferensi pers bertema Beras Plastik, Beras Oplosan dan Diversifikasi Pangan di Jakarta, Jumat (22/5/2015).

Selain dengan alat seperti setrika, cara lain yang dapat dilakukan masyarakat untuk membedakan beras asli dan beras plastik yaitu ketika proses memasaknya. Dalam proses ini, beras asli akan cepat mengembang menjadi nasi, sedangkan beras plastik tidak

"Sifat beras plastik ini anti air, karena istilah itu anti air. Beda dengan beras air yang karbohidrat yang sifatnya suka air. Sangat kecil kemungkinan masak beras campur dengan plastik," tandasnya. 

0 Response to "Cara Mudah Membedakan Beras Palsu dan Asli"

Post a Comment